Resume Kuliah Tamu MPTI

Jumat, 24 Februari 2012,mata kuliah MPTI mengadakan kuliah tamu di jurusan Sistem Informasi. Dosen tamu yang diundang untuk memberikan materi yaitu Bapak I Putu Artama Wiguna, Ir, MT, PhD. dosen dari jurusan Teknik Sipil ITS. berikut adalah rangkuman dari presentasi yang beliau berikan.

PMBOK ( Project Management Body of Knowledge)

PMBOK ( Project Management Body of Knowledge) sebuah buku panduan yang memuat tentang manajemen proyek. Buku ini diterbitkan oleh Project Management Institute (PMI), yang adalah sebuah lembaga yang terdiri atas para pakar pakar managemen proyek.

PMBOK sendiri berisi panduan panduan best practice dan hanya berisikan panduan panduan secara umum terhadap sebuah managemen proyek. Panduan ini dapat diterapkan dalam berbagi jenis proyek, baik proyek IT maupun proyek non IT.


Managemen Proyek


Definisi proyek menurut kamus besar bahasa indonesia adalah rencana pekerjaan dengan sasaran khusus (pengairan, pembangkit tenaga listrik, dsb) dan dengan saat penyelesaian yang tegas

Sifat sifat dari proyek sendiri;
  1. Unique, dimana setiap proyek satu dengan yang lain tidak akan pernah sama. mungkin akan ada kemiripan antara satu dengan yang lain, namun setiap proyek pasti berbeda, bisa dari sisi customer, kebutuhanya, besar dari proyek, lokasi, dll.
  2. Terbatas anggaran dan waktu. setiap proyek pasti memiliki jangka waktu yang sudah ditentukan. misalkan saja proyek harus sudah selesai dalam waktu 3 tahun. dana yang dipersiapakan juga harus sudah ditentukan dari rencana yang sudah dibuat.
  3. Memiliki tujuan khusus. misalkan saja proyek jembatan suramadu. jelas dapat dilihat bahwa tujuan dibangun jembatan ini adalah untuk menghubungakan antara surabaya dan madura.
  4. Start dan Finish yang pasti. seperti pada point ke dua. setiap proyek pasti dibatasi waktu. oleh sebab itu harus ditentukan dahulu kapan proyek akan dilaksanakan dan kapan proyek harus sudah selesai. ini berkaitan dengan customer, karena pada akhirnya saat proyek sudah selesai pasti dikembalikan ke customer.
Sebuah proyek dapat dikatakan berhasil jika telah mencapat sasaran atau target tertentu. jika salah satu target tidak dapat dipenuhi dapat dikatakan proyek setengah berhasil atau gagal. Sasaran proyek itu adalah :
  • Scope (ruang lingkup) 
  • Time (waktu) 
  • Cost (Biaya) 
  • Quality (kualitas)


Perbedaan mendasar antara Project dan Operasional Work adalah;
proyek itu bersifat sementara, hanya ada dalam satu waktu, dan setelah itu proyek selesai. proyek besifat unique, tidak ada proyek satu dengan yang lain yang sama persis.
sedangkan operational work bersifat on going, perkerjaan akan berlangsung secara terus menerus (continue). seorang tidak dapat menentukan kapan perkerjaan tersebut akan berakhir. sifat yang lain adalah di ulang ulang, saat sebuah operational work selesai, ada kemungkinan pekerjaan itu akan di kerjakan lagi di lain waktu.

Urutan dasar langkah kerja dari sebuah proyek:

  • Initiating
  • Planing
  • Executing
  • Controlling
  • Closing

(5210100145)

Newer Post Older Post

Leave a Reply